Jumat, 09 Maret 2012

Adab Penulisan di Internet

Adab Penulisan di Internet

Setiap orang pasti pernah membuat suatu pernyataan dalam bentuk tulisan ataupun sebagainya dan ini dilakukan dengan maksud dan tujuan tertentu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat pernyataan ataupun tulisan dalam media elektronik terutama di internet. Adapun adab yang perlu diperhatikan antara lain:
a.                  Menggunakan bahasa yang sopan dan baik dalam menyampaikan sesuatu dan juga tidak menyingggung perasaan seseorang;
b.                 Tidak mengandung unsur SARA (Suku,Agama,Ras dan Antar-golongan);
c.                 Kalimat yang digunakan menggunakan EYD (Ejaan yang disempurnakan);
d.                 Tidak menyampaikan suatu pernyataan yang sifatnya tidak benar (Berbohong);
e.                  Tidak melakukan unsur menduplikat artikel tanpa mencantumkan sumber artikel terkait.

"Etika umum yang harus diperhatikan dalam menulis di internet, antara lain adalah sebaiknya dalam mengirimkan dan memublikasikan pesan tidak mengandung unsur SARA, tidak berbau pornografi, tidak melanggar hak cipta, menggunakan insial agar tidak mencemarkan nama baik seseorang yang bersangkutan, pencantuman sumber tulisan, kata kunci yang tepat, dan tidak merugikan orang lain."
Bicara soal Etika, dalam kata itu terkandung 3 pengertian:
Nilai-nilai/Norma-norma moral yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah laku.Kumpulan asas atau nilai moral, misalnya kode etik. Ilmu tentang ‘baik’ atau ‘buruk’. 
          menyelidiki tentang tingkah laku moral yang dapat didekati melalui 3 cara, yaitu :
1. Etika Deskriptif
Cara melukiskan tingkah laku moral dalam arti luas. Ia bersifat netral dan hanya memaparkan moralitas yang terdapat pada individu, kebudayaan, atau subkultur tertentu.
2. Etika Normatif
Mendasarkan pada norma, mempersoalkan apakah norma bisa diterima seseorang/masyarakat secara kritis, menyangkut apakah sesuatu itu benar/tidak. Terbagi 2, yaitu Umum dan Khusus.
Umum: menekankan pada tema-tema umum seperti mengapa norma mengikat? Bagaimana hubungannya antara tanggung jawab dan kebebasan? Dll.
Khusus: upaya untuk menerapkan prinsip-prinsip etika umum ke dalam perilaku manusia.
3. Metaetika
Menganalisis logika perbuatan dalam ka
itannya dengan 'baik' atau 'buruk'.
Sangatlah menarik untuk menulis bahkan walau hanya sekedar bercerita tentang apa yang hari ini terjadi dihidup kita. namun, perlu diperhatikan sekecil apapun hal yang kita tulis maupun kita kirim.
Referensi : http://riskadevianti.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar