Jumat, 19 Februari 2010

MENGAPA AKU HARUS BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA

David kristianto
Universitas Gunadarma, Depok
Email : dk280790

ABSTRAK:
Dalam penulisan ini berkaitan dengan alasan-alasan mengapa seseorang bangga menjadi bagian bangsa Indonesia. Alasan-alasannya seperti, seseorang memiliki hak dan kewajiban yang sama dan tidak ada diskriminasi seperti di negara lain serta sistem atau paham demokrasi pancasila dimana antara hak dan kewajiban seimbang, seseorang merasa bangga dengan kekayaan budaya yang terdapat di Indonesia dimana negara lain tidak mempunyai dan wilayah Indonesia yang luas dan sangat strategis dan memiliki kekayaan alam baik tambang atau hewaninya. Alasan-alasan diatas yang menjawab mengapa aku harus bangga sebagai bangsa indonesia dan banyak hal pendukung lainnya.
Kata Kunci : Bangsa, hak dan kekayaan
Pendahuluan
1) Bangsa merupakan kelompok masyarakat yg bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri, contoh bangsa indonesia
2) bangsa juga berarti golongan manusia, binatang, atau tumbuhan yg mempunyai asal-usul dan sifat khas yg sama;
3) kumpulan manusia yg biasanya terikat krn kesatuan bahasa dan kebudayaan dl arti umum, dan menempati wilayah tertentu di muka bumi
4) Klasifikasi dl biologi, sesudah kelas dan sebelum suku; ordo; misal ordo hexapoda sebangsa serangga.

Banyak pertanyaan yang sering ditanyakan banyak orang mengapa kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia? Banyak alasan-alasannya yang yang pertama, antara hak dan kewajiban yang sama antara lain:
1) kesamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menganut
asas bahwa setiap warga negara mempunyai kedudukan atau hak yang sama di hadapan hokum dan pemerintahan. Hal ini merupakan konsekuensi dari prinsip kedaulatan rakyat yang bersifat kerakyatan yang tertera pada Pasal 27 ayat 1.
2) dijelaskan hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan dimana diterangkan padaPasal 27 ayat 2 UUD 1945 menyatakan bahwa tiatia warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pasal ini memancarkan asas keadilan keadilan social dan kerakyatan , berbagai peratuan dan perundang-undangan yang mengatur hal seperti ini yang terdapat dalam UU Agraria.
3) dijelaskan bermacam-macam agama di Indonesia dan dimana setiap warga negara berhak untuk memilih atau menentukan agamanya masing-masing sesuai dengan Pasal 29 ayat 2 menyatakan “Negara menjamin tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. Kebebasan beragama merupakan hak yang paling asasi diantara hak-hak asasi manusia beragama itu langsung bersumber pada martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Terakhir hak mendapatkan pengajaran serta hak dan kewajiban membela Negara.


Kekayaan Indonesia

Dengan kekayaan budaya inilah alasan seseorang bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia dan budaya yang terdapat di Indonesia tidak terdapat di negara lain. Bukan hanya budaya letak wilayah indonesia sangat luas dan sangat strategis dimana wilayahnya dikelilingi pulau, seperti keterangan di bawah ini :
Luas wilayah Indonesia terbentang dari mulai kota Sabang sampai Merauke dan dari pulau Nias sampai pulau Rote. Wilayah Indonesia mempunyai garis lintang :
Utara : 6 LU
Selatan : 11 LS
Barat : 94 BT
Timur : 141 BT
Jarak Utara Selatan : +1.888 KM
Barat – Timur : +5.110 KM

Kesimpulan
Mengapa alasan-alasan di atas menjadikan kita harus bangga yang pertama kita mempunyai kedaulatan yang sangat bagus. Kedua kita mempunyai kekayaan alam yang sangat banyak dimana negara lain tidak punya. Ketiga kita mempunyai daerah yang sangat istimewa dan strategis.
Referensi :
Sumarsono, dkk.Pendidikan Kewarganegaraan.2001. :Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar